Mutu produk secara langsung dipenuhi oleh sembilan faktor
dasar, yang dikenal dengan istilah "9M", yang terdiri atas:
1. Pasar (Market)
Jumlah produk baru
dan lebih baik yang ditawarkan di pasar terus bertumbuh pada laju yang
ekplosif, akibatnya bisnis harus lebih fleksibel dan mampu berubah arah dengan
cepat.
2. Uang (Money)
Biaya mutu adalah
salah satu titik lunak dimana biaya operasi dan kerugian dapat ditekan untuk
memperbaiki laba.
3. Manajemen (Management)
Tanggung jawab
mutu telah didistribusikan kepada semua bagian dan tingkatan manajemen.
4. Manusia (Men)
Pekerja yang
dibutuhkan kini adalah yang memiliki pengetahuan khusus.
5. Motivasi (Motivation)
Pengakuan yang positif
secara pribadi bahwa pekerja memberi sumbangan demi tercapainya tujuan
perusahaan, dapat meningkatkan motivasi pekerja.
6. Bahan (Material)
Material harus
diperiksa sedemikian rupa sehingga layak untuk diproses. Pemeriksaan atas
spesifikasi yang semakin ketat dapat menurunkan biaya secara efektif.
7. Mesin dan Mekanisasi (Machines and
Mechanization)
Keinginan
perusahaan untuk mencapai penurunan biaya dan peningkatan volume produksi
mendorong penggunaan perlengkapan pabrik yang sempurna.
8. Metode Informasi Mutakhir (Modern
Information Method)
Evolusi teknologi
yang cepat seperti komputer membuka kemungkinan untuk mengumpulkan, menyimpan,
dan mengambil kembali serta memanipulasi informasi.
9. Persyaratan Proses Produksi (Mounting
Products Requirements)
Kemajuan dalam
rekayasa rancangan memerlukan kendali yang lebih ketat pada seluruh proses
pembuatan.
Referensi
Mata kuliah Total Quality Manajemen (UMG)
0 komentar :
Posting Komentar